Thursday, July 4, 2013

Sinopsis Drama Korea Terbaru Shark Episode 11 [Part 1]

Penyusun sinopsis drama Korea terbaru: +Lilih Prilian Ari Pranowo*

Intro Sinopsis Shark Episode 11 Part 1

Berbeda dari episode-episode sebelumnya, pada episode 11 ini, penonton disuguhkan kembali beberapa adegan penting dalam episode sebelumnya. Potongan-potongan adegan ini berguna untuk mengingatkan (me-refesh) kembali penonton, sehingga jika ada penonton yang terlupa dengan episode-episode sebelumnya, bahkan belum pernah menontonnya bisa mendapat benang merah. Mana saja potongan-potongan adegan penting itu? (komentar: mungkin potongan-potongan adegan ini terkesan melompat-lompat, tapi semoga saya masih bisa menggambarkannya)

Pertama, adalah adegan saat Kang Hee Soo pergi menemui Jo Sang Deuk (Kakek Hae Woo) sambil membawa sebundel dokumen. Kang Hee Soo bertanya kepada Jo Sang Deuk, apakah mengenal Jeon Yeong Bu? Selain itu, Kang Hee Soo mengungkapkan jika dalam dokumen itu ada fakta yang cuma diketahui Jeon Yeong Bu.
Adegan berpindah, saat Kang Hee Soo ditemukan tak bernyawa lagi di rumahnya.

plotdrama, gambar 001 sinopsis shark episode 11 part 1

Lalu, berpindah lagi, ketika Han Young Man tengah membaca-baca dokumen itu, pada halaman 28 terdapat foto Jo Sang Deuk bersebelahan dengan sebuah foto tua Jo In Suk. Foto ini yang ditemukan Detektif Oh.
Kemudian, adegan berpindah lagi saat Young Man terbunuh oleh pena beracun. Han Yi Soo berhasil menyimpulkan kebenaran malam itu. Untuk menyembunyikan fakta kebenaran itu, Han Yi Soo meletakkan halaman 28 dari dokumen yang disobeknya ke dalam loker yang berbeda.

plotdrama, gambar 002 sinopsis shark episode 11 part 1

Adegan pun masih terus pindah, tatkala Eui Sun (selama ini saya selalu menyebutkannya dengan Ayah Hae Woo saja ^^) menabrak seorang pejalan kaki sampai mati. Ketika menabrak itu, jam tangan Eui Sun terlepas, lalu ditemukan oleh Man Chul.
Hae Woo yang baru menikah mendapat hadiah jam tangan itu sebagai hadiah. Namun rupanya, ada niat terselubung di balik pemberian itu. Supaya Hae Woo tahu, jika Eui Sun-lah si pelaku tabrak lari yang sesungguhnya.
Dua adegan terakhir dari masa lalu berikutnya adalah adegan di mana Han Yi Soo ditabrak sebuah truk, ketika dia sedang menelpon Hae Woo. Hal itu membuat dokumen yang menjadi bukti hilang tanpa sisa.

plotdrama, gambar 003 sinopsis shark episode 11 part 1

Terakhir, adegan Han Yi Soo dengan wajah terbalut perban ingin bunuh diri karena putus asa. Chairman Yoshimura mencegahnya, supaya Han Yi Soo bisa membalaskan dendamnya di kemudian hari. Rasa sedih Han Yi Soo berubah menjadi dendam dan tekad yang membara.

plotdrama, gambar 004 sinopsis shark episode 11 part 1

Semenjak itu, dia bertekad mengubur Han Yi Soo.

plotdrama, gambar 005 sinopsis shark episode 11 part 1

"Jangan lihat ke belakang... Sekaranglah saatnya!" tukas Han Yi Soo ketika sudah dewasa. Donggg!!!

[Intro End]


Sinopsis Shark Episode 11 Part 1

Seperti kita ketahui dari akhir sinopsis Shark episode 10, jika Hae Woo mendapat amplop yang ternyata berisi sebuah flashdisk berisi file video percakapan antara Eui Sun dengan Man Chul. Yang menghebohkan adalah semua orang di pesta itu jadi tahu, karena ada kesalahan teknis. Donggg!!!

Mari kita lanjutkan ke episode 11 ini.
Dalam video itu terlihat Eui Sun memberikan amplop (sepertinya berisi uang) kepada Man Chul, sambil mengingatkan jika INI YANG TERAKHIR! Man Chul meringis demi melihat isi di balik amplop tersebut dan mengatakan kepada Eui Sun akan menggunakannya dengan baik. Apalagi, dia merasa akan menang taruhan. Jika begitu, dia akan mengembalikan, bahkan melipatgandakan duit Eui Sun.
Sebelum keluar, Eui Sun sempat berpesan supaya Man Chul tidak menjadi sampah saja! Sesaat setelah Eui Sun keluar, Man Chul mendekati muka kamera perekamnya. Dia berkata pada kameranya, seolah kamera itu rekannya, dengan pesan supaya Eui Sun hidup dengan baik.

Kenyataan ini tentu saja membikin Hae Woo syok. Sepertinya, pikiran Hae Woo kacau dengan beragam fakta kebenaran yang baru saja diperolehnya. Membuatya terlihat seperti orang bingung. Hae Woo pun terpekur diam di tempat.
Tidak beberapa lama kemudian, petugas operator masuk ke ruangan keamanan. Dengan cepat, petugas operator itu mencabut flashdisk yang masih tersambung ke PC. Rekan si petugas operator datang sambil bertanya apa yang terjadi? Tidak tahu, kata si petugas operator. Lalu, rekan si petugas operator bertanya lagi, apa kekisruhan ini sudah dilaporkan kepada ketua tim? Belum, jawab si petugas operator.
Dengan masgul, Hae Woo keluar dari ruangan itu.

***
Jo Eui Sun serta Jo Sang Deuk pastinya sangat malu atas kejadian ini. Sementara itu, Kim Joon memilih keluar dari ruang pesta. Kondisi kisruh. Tampaknya dia puas situasi terkondisikan seperti yang diinginkannya.

***
Sekeluarnya dari ruangan, Hae Woo ditelepon Joon Young untuk segera pulang. Hati Hae Woo masih bimbang. Tapi, Joon Young keburu menutup telepon sesudah mengucapkan ‘sampai jumpa di rumah.’ Hae Woo kemudian memandangi flashdisk berisi video percakapan di telapak tangannya.
Lagi galau begitu Hae Woo melihat Kim Joon keluar dari ruang pesta dan membuntutinya. Saat itu, Kim Soo Hyun meneleponnya untuk menginformasikan jika Detektif Oh tewas dibunuh. Hae Woo terkejut mendengar berita itu. Dia pun sudah tidak fokus lagi kepada Kim Joon. Bahkan, ketika Kim Joon sedang memegang hiasan hiu, Hae Woo sudah tidak melihatnya lagi.

***
Kim Soo Hyun sampai ke lokasi pembunuhan Detektif Oh dan langsung menemui Bang Jin, yang tiba di sana terlebih dulu. Keduanya sama-sama memandangi mayat Detektif Oh, yang didadanya tercap sebuah lingkaran merah mirip pola pembunuhan Man Chul. Melihat dua pola ini, Kim Soo Hyun bertanya kepada Bang Jin, apakah pelakunya sama, mengingat pola yang dipakai juga sama? Bang Jin tidak menjawab. Di benaknya berkecamuk beragam pertanyaan.
Kim Soo Hyun memperhatikan Bang Jin yang diam saja bertanya, apa Bang Jin tidak apa-apa? Bang Jin mengangguk. Tapi, pandangannya masih tetap diarahkan ke jasad Detektif Oh.

Lalu, Bang Jin mendapat telepon dari rekannya yang mengabarkan tentang kekisruhan yang terjadi di pesta ulang tahun Gaya Hotel. Bang Jin mengatakan segera ke lokasi dengan pikiran yang betul-betul kalut.

***
Kekisruhan yang terjadi membuat Joon Young benar-benar kesal! Dia menghubungi ketua tim untuk menanyakan kenapa SUARA itu bisa sampai terdengar ke ruang pesta? Ketua tim yang belum mendapat laporan dari bawahannya tentu menjawab tidak tahu. Joon Young tidak peduli dan memerintahkan ketua tim untuk menemukan segera titik pangkal yang menyebabkan semua itu, dan langsung melaporkan padanya.

***
Jo Sang Deuk melakukan kebiasannya saat pikirannya kalut, yaitu mengetuk-ngetukan jari di meja. Hal ini persis dia lakukan seperti waktu dia menunggu jawaban dari Han Young Man. Saat dia bertanya apa Young Man sudah membaca dokumen itu? Dan Young Man menjawab kalau dia sudah membaca dan menyingkirkannya.

***
Di apartemennya, Kim Joon alias Han Yi Soo geram dengan ulah Jo Sang Deuk yang membunuh Detektif Oh dengan pola seperti pembunuhan Man Chul. Ini dilakukan supaya pihak kejaksaan dan kepolisian mengira jika pembunuhnya sama dengan pelaku pembunuhan Man Chul.
Kemudian, Kim Joon berdiri melepas jasnya, untuk kemudian pergi dari apartemen.

***
Semua petugas yang berkepentingan dengan kekisruhan dipanggil ke kantor Joon Young. Sambil marah-marah, Joon Young meminta penjelasan. Tapi, para petugas mengatakan tidak ada masalah yang menyebabkan suara itu bisa masuk ke ruang pesta. Joon Young membentak, jika tidak ada masalah kenapa sampai ada kekisruhan seperti ini?
Tiba-tiba si petugas itu menjawab jika ada satu hal yang mengangggunya. Saat itu, Hae Woo meminta izin untuk memakai laptop. Namun, si petugas sudah memastikan jika laptop yang dipakai Hae Woo tidak tersambung ke ruang pesta. Karena itu, dia mengabaikan laptop itu. Ketika kekisruhan terjadi, ternyata laptop yang dipakai Hae Woo sudah tersambung ke ruang pesta.

Joon Young memerintahkan Sekretaris Kim, yang juga berada di sana, untuk memeriksa seluruh CCTV. Khususnya, yang berdekatan dengan ruang operator dan laptop yang dipakai istrinya. Atau tempat-tempat yang dinilai mencurigakan. Sekretaris Kim melaksanakan perintah itu.

***
Sesampainya di kantor polisi, Hae Woo kembali melihat flashdisk dalam genggamannya. Dia ingin memberikan benda tersebut sebagai bukti baru untuk kasus tabrak lari. Namun, ketika mengingat jika faktanya mengarah pada keluarganya, Hae Woo meragu.

***
Bang Jin meminta Detektif Na untuk mengecek ulang foto-foto olah TKP Detektif Oh. Yang dimintai tolong menjawab jika ini sama persis dengan kasus Jung Man Chul. Sehingga, kesimpulannya pelaku pembunuhan adalah orang yang sama. Pihak kepolisian juga sudah mantab dengan kesimpulan ini. Ditambah lagi, adanya bukti suara Jo Eui Sun, maka dengan segera mereka harus menahan Jo Eui Sun. Mendengar kesimpulan rekannya itu, Bang Jin cuma diam saja (mungkin di satu sisi, dia mengamininya. Sedang di sisi lain, dia meragukannya).
Hae Woo yang datang, tanpa berkata apa-apa, langsung menyerahkan flashdisk berisi file percakapan antara Ayahnya dengan Man Chul. Kemudian, dia mengatakan jika di dalam flashdisk tersebut terdapat file yang bisa menjadi bukti.
Bang Jin menerima flashdisk tersebut, setelah Detektif Na bertanya jika Jo Eui Sun adalah Ayah Hae Woo kan? Setelah menjawab iya, Hae Woo diajak Bang Jin keluar untuk bicara empat mata. Namun, Hae Woo menolaknya, lantaran dia mau melihat foto-foto olah TKP Detektif Oh terlebih dulu.

***
Di kantornya, Hyun Shik berbicara dengan Jo Sang Deuk melalui telepon. Hyun Shik mengatakan jika bukti suara tidak cukup kuat, walaupun dia mengaku pusing dengan permasalahan ini. Namun, menurut pendapatnya, yang terpenting adalah opini publik.
Jo Sang Deuk meminta maaf telah membuat Hyun Shik cemas. Dia menjelaskan kepada Hyun Shik jika semua itu cuma fitnah. Pembicaraan pun diakhiri.
Jo Sang Deuk seolah sedang memikirkan sesuatu.

Ingatan Jo Sang Deuk melayang kembali saat pesta tadi. Saat Kim Joon menatapnya tajam. Dia sedikit terkejut kenapa Kim Joon tersenyum sinis ketika melihat dirinya. Sang Deuk bergumam, “Kim Joon? Han Yi Soo?” Fakta ini membuatnya terkejut.

***
Dengan berpakaian hitam-hitam khas seorang maling, Kim Joon alias Han Yi Soo kembali ke perpustakaan sewaktu dia bertemu Detektif Oh secara tidak sengaja [baca sinopsis Shark episode 10 part 2]. Dia melangkah mantab menuju ruang CCTV.
Di sana memang ada seorang pria yang sedang berjaga malam tengah asyik membaca majalah. Hati-hati Yi Soo mendekati korbannya itu. Begitu sudah mendekat, dengan sigap, Yi Soo membekap si penjaga malam dengan sapu tangan, yang sudah dibubuhi obat bius sebelumnya. Penjaga itu pingsan seketika.
Ketika penjaga itu pingsan, Yi Soo sigap duduk di depan komputer. Mencari beberapa data yang diinginkannya. Dalam waktu cepat Yi soo berhasil mendapatkan apa yang dicarinya, kemudian memindahkan file tersebut ke dalam flashdisk yang sudah disiapkannya.

***
Sesampainya di rumah, Eui Sun langsung mengatakan kepada menantu (Joon Young) jika suara dalam rekaman itu hasil rekayasa. Dia bahkan berani menyatakan jika suara itu bukanlah suaranya, melainkan suara orang lain yang mirip dengannya. Sebagai bawahan Eui Sun, Joon Young menyahut bahwa kisruh yang sudah terjadi bukanlah angin lalu yang bisa ditangani begitu saja. Bukannya mikir, Eui Sun justru emosi. Dia mengatakan, menurut Joon Young, apa yang sebaiknya harus dilakukannya.
Nyonya Park berdiri tidak jauh dari mereka, dan mendengarkan seluruh percakapan tersebut.
Joon Young menyarankan kepada Ayah Mertuanya itu, untuk saat ini, lebih baik jika digunakan istirahat dulu.
Di tengah emosi yang belum surut, Eui Sun berkata supaya Joon Young memecat seluruh pegawai yang bertanggung jawab atas kekisruhan itu. Segera! Dan Joon Young termasuk salah satu di antara karyawan yang dipecat itu. [Sinopsis drama Korea terbaru lainnya, disini]

Eui Sun bertanya, memang apa yang dilakukan Joon Young ketika Giant Hotel mengadakan transaksi licik pada mereka? Joon Young cuma bisa mengatakan maaf kepada Ayah Mertuanya. Mengapa Joon Young meminta maaf? Yang harus dilakukan Joon Young adalah menjadi semuanya normal kembali. Tidak bisa begitu. Dalam pandangan Joon Young, darpada menjadikan semuaya kembali normal, ada hal yang lebih baik dari semua itu. Eui Sun berteriak dengan mengatakan jika dirinya sudah tidak percaya siapapun.
Dengan beretriak Eui Sun bilang, kenapa semua orang orang ingin menusuknya dari belakang?

***
Yoshimura bertandang ke kediaman Jo Sang Deuk ditemani asisten pribadinya. Ketika bertemu, Yoshimura meminta maaf kepada Jo Sang Deuk, anak, serta menantunya atas semua yang telah terjadi. Jo Sang Deuk berkata jika sepertinya Yoshimura tidak tahu mengenai kejadian ini.
Dengan lagak seperti bocah, Eui Sun berkata apa masuk akal jika Giant Hotel melakukan semuanya pada mereka? Yoshimura lalu berkicau mengenai hubungan keluarga yang menusuk dari belakang. Dia menyatakan, bahkan preman saja takkan melakukan seperti itu—mungkin yang dimaksud mafia kali ya, bukan preman? CMIIW.

Jo Sang Deuk membentak putranya itu. Sementara, Yoshimura senyam-senyum. Yoshimura mengatakan jika dia bisa memahami perasaan Eui Sun saat ini. Lalu, beralih menatap Jo Sang Deuk untuk mengajukan usul yang mungkin akan terdengar seperti sebuah alasan saja.

Usul apa itu? tanya Sang Deuk.
Yoshimura mengatakan jika saat ini Giant Hotel belum mengetahui peristiwa yang terjadi di Korea. Apalagi, Giant Hotel belum memiliki banyak koneksi. Berbeda dengan Gaya Hotel yang telah berdiri selama lebih dari 40 tahun.
Eui Sun, orang yang lebih suka bicara langsung, tidak suka dengan gaya Yoshimura yang berbelit-belit. Langsung saja ke pokok permasalahan.
Maksud dari perkataan Yoshimura adalah dia ingin Gaya Hotel bekerjasama dengan Giant Hotel. Dia ingin menantang pasar internasional.

Eui Sun mengatakan apa Yoshimura sedangan berusaha mengobati penyakit yang telah disebarkannya? Apa kurangnya Gaya Hotel sehingga harus bekerja sama dengan Giant Hotel?
Bekerja sama? Tanya Sang Deuk.
Yoshimura mengangguk.
Sang Deuk memita pendapat Joon Young mengenai hal ini.
Joon Young mengatakan jika usul yang diajukan Yoshimura bukan sesuatu yang bisa terduga. Butuh waktu untuk mereview semua itu.
Jo Sang Deuk sepakat dengan usul Joon Young. Lalu berdiri dan menganggap pembicaraan selesai sampai disini.

Ketika Jo Sang Deuk bangkit, yang lain mengikuti, dan mengatakan jika dia memahami apa yang disampaikan oleh Yoshimura.
Yoshimura meminta maaf sekali lagi kepada Jo Sang Deuk mengenai kekisruhan yang terjadi. Sang Deuk terdiam, cuma bisa menatap Yoshimura dengan tajam.

***
Masih di kantornya, Bang Jin serta Detektif Na menonton video percakapan Man Chul dengan Eui Sun dari file flashdisk. Detektif Na sedikit bingung, mengapa Hae Woo memberikannya kepada mereka. Namun, Bang Jin diam saja. Dia mengatakan ingin memeriksa seluruh CCTV di Gaya Hotel.

***
Hae Woo masih sibuk melihat foto-foto olah TKP Detektif Oh dengan serius. Sepertinya dia terlihat memikirkan kemiripan ini. Bang Jin yang melihat Hae Woo pusing berat mengajak Hae Woo minum soju.

***
Di kedai, Hae Woo terlihat tidak menyentuh sojunya sama sekali. Bang Jin bertanya kenapa? Hae Woo menjawab dia tidak sedang berselera sama sekali. Bang Jin bertanya apa begitu sulit? Hae Woo balik bertanya apanya yang begitu sulit? Apa Bang Jin mau dia melepaskan kasus ini?
Bang Jin tersenyum. Dia berkata Hae Woo telah membuat keputusan sulit. Hae Woo menghela napas, kemudian berkata, bahkan seandainya yang menangani kasusnya, fakta-faktanya tetap bakal megejutkan.
Masalah ini demikian pelik, kata Bang Jin, dan sepertinya tidak mudah ditaklukkan. Bang Jin bertanya, bagaimana pandangan Hae Woo? Pandangan apa? Tanya Hae Woo. Setelah dijelaskan oleh Bang Jin bahwa pihak kepolisian menyimpulkan antara kasus Man Chul dengan Detektif Oh ini dilakukan pelaku yang sama, baru Hae Woo tanggap.
Menurut Hae Woo, kedua kasus pembunuhan itu berbeda dan hanya peniruan pola. Apa alasan yang mendasari opini Hae Woo? Tanya Bang Jin. Pola dan bentuknya sepintas memang kelihatan sama, kata Hae Woo, namun cara membunuhnya yang berbeda. Jika dalam kasus Man Chul, racun disebarkan melalui benang. Maka, dalam kasus Detektif Oh, pembunuh membunuh dengan benang yang dibubuhi racun. Ini juga cara yang sama dengan cara untuk membunuh Sopir Han (Ayah Han Yi Soo).
Jadi, menurut Hae Woo, pelaku pembunuh Detektif Oh dan Sopir Han adalah orang yang sama? Hae Woo mengangguk mantap.
Bang Jin berkata, jika dirinya juga berpikir sama dengan Hae Woo. Lalu, Hae Woo bertanya mengapa pelaku pembunuhan Detektif Oh ingin membikinnya tampak sama dengan kasus Man Chul? Ingin mengkambinghitamkan pelaku pembunuhan Man Chul? Sahut Bang Jin.
Pikiran Hae Woo justru sedikit berbeda. Hae Woo berpikir bisa saja pola pembunuhan yang serupa ini merupakan peringatan. Bang Jin menambahkan, maksudnya peringatan kepada pembunuh Man Chul? Hae Woo membenarkannya.
Hae Woo masih belum mengetahui persisnya motif di balik pembunuhan Detektif Oh. Bang Jin yang mengetahui motif itu berkata sambil menuang soju, Detektif Oh menemukan bukti yang dibawa Man Chul. Terkejut, Hae Woo bertanya apa bukti yang terdapat pada loker? Bang Jin membenarkan, dan menambahkan jika bukti itu berupa foto—tanpa memberitahu lebih lanjut jika foto itu adalah foto pejuang kemerdekaan Korea.
Bukti itu membuat Hae Woo berkata, mengejutkan. Dengan santai, Bang Jin berkata jika akan ada penjelasan atas bukti tersebut.
Bang Jin lantas menanyakan apa ada fakta terbaru mengenai Han Yi Soo? Sama seperti Bang Jin yang menutupi kecurigaannya, Hae Woo yang mencurigai Kim Joon sama dengan Han Yi Soo, hanya berkata jika dia belum menemukan fakta baru mengenai Han Yi Soo.
Semoga saja bukan perbuatan Han Yi Soo, tukas Bang Jin. Hae Woo mengharapkan hal yang sama.
Sesaat sebelum keduanya pulang, Hae Woo bertanya mengenai dokumen yang diterima Prof. Kang Hee Soo. Kenapa sopir Han juga memiliki dokumen itu? Rasanya makin dipikirkan, makin membingungkan. Bang Jin juga bingung, tapi dia membenarkan pernyataan Hae Woo.

Bersambung ke sinopsis Shark episode 11 part 2

----------
*) Penyusun sinopsis drama Korea terbaru adalah seekor cerpenis internet. Punya blog di Lilih Notes dan Dunia Cerpen. Follow Twitternya di @LilihPrilianAP atau tambahkan profile di Google Plus.