[Review] Film Korea: Harmony-Music in Prison

Plotdrama, review film korea harmony-music in prison 01

Detail Film Korea:

Movie: Harmony
Revised romanization: Hamoni
Hangul: 하모니
Director: Kang Dae-Kyu
Writer: Lee Seung-Yeon, Yoon Je-Gyun, Kim Whee
Producer: Kim Nam-Su, Yoon Je-Gyun, Jae-Won Jeong
Cinematographer: Kim Yeong-Ho
Release Date: January 28, 2010
Runtime: 115 min.
Genre: Drama / Prison / Tearjerker / Music / Women / Mother & Daughter
Distributor: CJ Entertainment
Language: Korean
Country: South Korea

Review Singkat:

Oke, aku me-review film Korea ini lantaran aku baru menonton film ini kemarin di stasiun TV lokal .Net. Secara umum, Harmony-Music in Prison merupakan film keluarga dengan perspektif tidak biasa.

Adalah Jeong Hye, Moon Ok, Yoo Mi, Hwa Ja, dan Yeon Shil yang menjadi karakter sentralnya. Mereka disatukan dalam kondisi yang tidak mengenakkan. Tentu saja, tempat mereka menyatu adalah penjara. Ya, mereka adalah napi dengan pelbagai macam masalah yang menyebabkan mereka ngendon di penjara.

Namun, disinilah letak kekuatan dari film yang menguras air mata ini. Kondisi yang tidak mengenakkan di dalam penjara membuat mereka saling mengerti dan bahu membahu saling membantu. Rasa kebersamaan ini makin terbentuk ketika dibentuk grup paduan suara atas ide Jeong Hye. Dan ketika Min Woo, anak Jeong Hye, lahir di dalam bui. Lantas, hingga kapan rasa kebersamaan tersebut hadir di tengah-tengah mereka, karena masing-masing dari mereka tengah menanti hukuman?

Karakter-karakter Film Korea Harmony-Music in Prison:

1. Kim Yun Jin sebagai Hong Jeong Hye
Dia ini jadi karakter utama dalam film Korea ini. Seorang ibu muda yang harus masuk bui ketika tengah mengandung gara-gara membunuh suaminya. Jeong Hye sempat melahirkan dan membesarkan anaknya, Min Woo, selama beberapa waktu. Namun, keduanya harus dipisahkan! Min Woo harus diadopsi oleh orang lain, orang bebas.

2. Na Moon Hee sebagai Kim Moon Ok
Dia napi wanita paling senior dari segi usia di film ini. Sama seperti Jeong Hye, Kim Moon Ok masuk penjaga lantaran membunuh suaminya yang ketahuan selingkuh. Akibat tindakannya itu, dia dibenci oleh anak-anaknya. Bahkan, tidak ingin bertemu atau mendengar suaranya sekalipun. Sedih ya.

3. Gang Ye Won sebagai Kang Yoo Mi
Gara-gara diperkosa yang dialaminya, dia depresi berat. Peristiwa kelam yang membuatnya mencoba untuk bunuh diri. Kasih sayang dari para napi lainnya membuat Kang Yoo Mi perlahan-lahan bisa membuka diri dan hatinya lagi.

4. Jung Soo Young sebagai Ji Hwa Ja
Dia masuk penjara gara-gara terlilit utang dengan lintah darat. Selama di dalam penjara, dia selalu merindui suami serta anak-anaknya.

5. Park Jun Myun sebagai Kang Yeon Shil
Wajahnya mengingatkan saya pada tokoh kartun terkenal, Dora the Explorer, hehehe... Kang Yeon Shil adalah seorang pegulat profesional. Dia membunuh seseorang tanpa sengaja. Karakternya lucu. Dia memendam rindu pada sahabat penanya namun tak punya nyali untuk menemuinya. Badannya saja yang besar.

6. Lee Da Hee sebagai Kong Na Yeong
Dia ini sipir muda yang sayang dengan para napi. Hubungannya dengan para napi lainnya sangat dekat. Walaupun, dia selalu ditegur oleh sipir-sipir lainnya. Bahkan, saking dekatnya, dia menyalurkannya dengan memainkan piano ketika latihan paduan suara. Pada adegan pamungkas, kelihatan banget kalau karakter ini punya pergulatan kuat antara tugas dan hatinya.

7. Jang Yeong Nam sebagai Sipir Bang
Wajahnya yang cantik tidak membuatnya menjadi sipir yang menye-menye. Sipir Bang dikenal tegas dan keras di kalangan para napi dan para sipir. Jika ada sesuatu yang tidak disukainya, dia akan menentangnya dengan keras. Termasuk membentuk paduan suara.

8. Lee Tae Kyeong sebagai Min Woo
Anak Jeong Hye. Duh, imutnya ini anak T_T

Trailer:


Nb. Kalau nonton film Korea ini, siapin tisu yang banyak. Kebanyakan adegan mengandung kesedihan mendalam yang bisa membuat mengucur air mata.

0 Response to "[Review] Film Korea: Harmony-Music in Prison"

Post a Comment